RIbetnya Mau Dapat Bonus THR

Jember,  Agustus 2012

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

     Mentari yang cerah menemani indahnya hatiku saat itu, sinarnya masuk melalui cela-cela jendela menambah terangnya suasana. Ditambah dengan sebuah kejutan yang sangat membuatku bahagia. Handphone berdering memeberi isyarat bahwa ada panggilan masuk di HP ku, “Selamat sore, apa benar ni saudara Ruli? (namaku disamarkan) ini saya Bapak Nur temannnya kakakmu”, “oh iya benar Pak” jawabku, “saya mau memberitahu bahwa tadi bapak mandor bilang kalau kakakmu mendapatkan THR atas kerjanya 4 bulan yang lalu, mohon untuk menghubungi kantor ya untuk konfirmasi”, “iya Pak Terimakasih” jawabku, maklum kakak saya bukan bos disana, hanyalah seorang pegawai honorer jadi tidak punya handphone.

     Ternyata ada kabar gembira buat kakakku, beliau telah berhenti bekerja 4 bulan yang lalu disalah satu perusahaan swasta di Riau, karena alasan sudah ingin kembali kekampung halaman Jember Jawa Timur, tetapi tidak disangka ternyata selama iya telah berhenti masih ada kabar baik juga buat beliau, yaitu mendapatkan THR.

     Seketika setelah saya mendapatkan kabar tersebut saya langsung menuju rumah kakak yang rumahnya sekitar 3 km dari rumah saya, sesampainya disana saya bilang kepada kakak saya “Kak, kamu mau dapat uang nggak?” tanyaku, “ya maulah, kan mau lebaran, siapa sih yang nggak mau uang kalau kayak gini” ujar kakakku. Akhirnya aku langsung memberitahu kalau dari perusahaan yang kakak tempati kerja kemarin memberikan THR buat kakak, namun dengan persyaratan yang telah ditentukan, karena kakakku dan istrinya hanyalah lulusan Sekolah Dasar mereka bingung harus mengirim persyaratan tersebut lewat apa dan bagaimana caranya, karena waktu yang diberikan sangat mendesak dan mepet, akhirnya saya punya ide bagaimana jika dikirim via email saja. Setelah mencoba mengkonfirmasi perusahaan ternyata persyaratan bisa dikirim via email dan dilampiri surat kuasa, lagi-lagi kakakku bingung bagaimana membuat surat kuasa tersebut, tanpa basa basi dengan tangkas aku membantu kakakku membuat surat kuasa beserta persyaratan lainnya yang diperlukan. Maklum saya kan mahasiswa jadi tidak heran kalau serba bisa. Hehehehehehe (nggak ada niat GR kok).

     Email telah saya kirim dengan alamat yang diberikan dan alahamdlulilah telah nyampek ditujuan, sehari kemudian ada balasan bahwa isi email ada kekurangan, dengan telitinya saya mencoba membenahi pesan singkat tersebut dan akhirnya sesuai atas apa yang ditentukan, kini saatnya menunggu uang kaget yang tak disangka-sangka ini, semoga segera nyampek. Amin

     Seminggu telah berlalu, tetapi kabar dari perusahaan belum ada atas uang yang akan ditransfer ke rekening saya sesuai pesan singkat yang saya kirim via email dan telah disetujui oleh perusahaan. Karena hal tersebut kami mencoba konfirmasi ke perusahaan atas kendala dan alasan kenapa uang THR belum sampai pada saat yang telah ditentukan, dan ternyata pengiriman menunggu konfirmasimasi dari pegawai lainnya yang telah berhenti kerja dan masih mendapatkan THR tersebut, 3 hari kedepan perusahaan berjanji akan segera mengirim dana langsung kerekening yang telah ditentukan. Akhirnya kami lega dan bersabar menanti saat-saat tersebut.

     Sampai pada akhirnya 3 hari telah berlalu dan tepat pada hari ketiga yaitu saat yang ditentukan oleh perusahaan, tepat hari ketiga saya mendapatkan telephon bahwa uang telah ditransfer ke rekening yang telah ditentukan kemarin siang dan dimohon untuk mengeceknya, rasa senang meyelimuti suasana hati saya dan kakak . Tanpa basa basi saya menuju ke tempat ATM terdekat untuk melihat saldo (maklum SMS Banking saya belum aktif) dan ternyata saldo saya masih tetap seperti semula, tiada perubahan penambahan apapun dalam saldo saya tersebut. Seketika itu juga hati yang senang jadi hilang menjadi rasa was-was, apakah saya keliru memberikan nomor rekening atau yang lainnya meghantui hati saya, bingung atas apa yang harus saya lakukan, dan akhirnya kita sepakat untuk menelpon orang kantor yang telah memberikan konfirmasi kepada kami.

    Setelah dikonfirmasi ternyata rekening yang digunakan untuk mengirim uang dari Riau (daerah tempat kakak saya bekerja dulu) adalah BNI, sedangkan milik saya adalah BRI, brau saya sadar bahwa pengiriman uang antar bank yang berbeda masih membutuhkan kliring, itu yang saya mengerti saat kuliah (maklum kan saya mahasiswa akuntansi) hehehehehehe. Akhirnya saya mengerti alasan kenapa uang tersebut belum sampai saat ini (walaupun sebenarnya semua serba online), dan kita mencoba untuk menunggu 3 hari biasa kliring sukses dilakukan dan berharap tiada kendala lagi seperti apa yang telah terjadi (kita kan orang kecil jadi merasa senang dan serius jika ada uang yang tak pernah kita duga dan mendapatkannya).

     Tiga hari telah berlalu dan informasi dari perusahaan juga belum ada plus uangpun beum nyampek juga masuk di Rekening saya, akhirnya dengan rasa  tidak sabar menunggu saya sendiri yang mengkonfirmasi masalah pengiriman yg telah dijanjikan, dan ternyata hasilnya juga nihil, sama kurang memuaskan yaitu nomor rekening yang telah saya kirim lewat email dimohon untuk di dicek kembali apakah sudah benar atau salah, sebab proses pengiriman gagal,  ujar petugas pengiriman dari perusahaan. tanpa basa basi saya langsung membuka internet dan melihat daftar email yang saya kirim untuk saya cocokkan dengan buku tabungan saya, dan ternyata nomor dan data identitas yang saya kirim sudah benar,  terus ada dimana letak kegagalan tersebut?

     konfirmasi ulang saya lakukan kembali kepada pihak perusahaan tentang apa yang terjadi atas email yg saya kirim, bahwa semua sudah benar, seketika juga pihak perusahaan meminta waktu untuk mengkonfirmasi dan mencocokkan kembali dengan nomor yg diberikan ke puihak BANK tempat pengiriman uang. dan ternyata ada kesalaan dari pihak perusahaan dalam penulisan nomor rekening, namun naasnya saat rekening saya sudah resmi benar dan pihak perusahaan yang salah dalam menulis nomor rekening tersebut, ternyata pihak perusahaan mengaakan bahwa pihak Bank tempat mentransfer uang sudah mulai libur guna cuti lebaran dan masuk lagi awal September 2012, Ujar pihak perusahaan.

     Jadi, sampai saya menulis cerita ini uang THR (Bonus) yang dijanjikan belum juga saya terima, menunggu awal september saat pihak Bank  mulai masuk kerja sesuai yg dikatakan pihak perusahaan barusaya akan menerimanya. semoga saja semua akan berjalan lancar sesuai yg dijanjikan pihak perusahaan waktu lalu. Amin.

SEKIAN.

Iklan

Tinggalkan komentar anda . . . . . !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s