Sistem Informasi Akuntansi (SIA) “SEKILAS TENTANG KOMPUTER”

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

     Komputer adalah alat pengolah data yang dapat melakukan secara substansional. Agar dapat disebut sebagai komputer, alat pengolah data harus memiliki karakteristik dan kemampuan seperti: digerakkan dengan gaya elektronik, mampu melaksanakan operasi hitung-menghitung, memiliki internal storage dan mampu mengeluarkan data, dan dapat melakukan eksekusi sesuai dengan stored  progam. Storage pragam adalah program yang tersimpan didalam komputer untuk mengeksekusi data.

     Setiap sistem komputer memiliki empat jenis komponen, yaitu input, processor, storage, dan output. Input adalah data yang dimasukkan kedalamprogram untuk diolah dan diproses. Processor adalah komponen yang mengolah input atau data untuk menghasilkan output,sedangkan Storage adalah wadah atau proses untuk menahan data, intruksi program, dan output kedalam bentuk yang tebaca mesin. Output adalah informasi yang dihasilkan komputer dari suatu input tertentu.

     Dalam suatu sistem informasi terdapat hirarki data sebagai berikut:

  1. Bit, yaitu salah satu karakter informasi yang terdiri dari dua digit.
  2. Byte, yaitu salah satu karakter informasi yang terdiri dari beberapa bit.
  3. Field atau item, yaitu satu atau lebih byte yang memuat data mengenai atribut dari suatu entitas dalam sistem informsi.
  4. Record, yaitu kumpulan fieldyang terkait dengan suatu entitas tertentu.
  5. File, yaitu kumpulan record terkait.
  6. Database, yaitu kumpulan file yang terstrukturdan terintegrasi sedemikian rupa.

     Sequential Access file adalah file dengan susunan data berurutan seperti saat record itu ditulis pada media penyimpanannya, dimana pencarian data harus menelusuri data satu demi satu, sampai record yang dimaksud ditemukan. Direct access file adalah file dengan susunan data yang memberikan peluang akses langsung kesetiap record dalam file.

     Pada dasarnya komputer memproses data dengan salah satu dari dua metode yaitu bath processing dan immediate processing. Bath processing adalah metode pemrosesan data, dengan proses updating (pemutakhiran) dilakukan secara periodik dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan immediate processing adalah metode pemrosesan data dengan updating secara langsung segera setelah transaksi terjadi.

     End user computing adalah pengguna akhir komputer yang bukan ahli pengolah data, contoh end user computing yang paling populer adalah dicision support system (DSS) dan teknik artificial intelligence, DSS adalah suatu komputer interaktif yang mudah diakses dan dioperasikan oleh mereka yang bukan pakar komputer dengan tujuan untuk membantu dalam fungsi perencanaan dan pengambilan mkeputusan. Expert system adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan teknik artifical intellingence untuk mendiagonis permasalahan, merekomendasikan solusi ataupun pencegahannya, serta memberikan alasan atas rekomendasi tersebut. Artificial intelligence adalah pendekatan pengolahan data komputer dengan orientasi meniru karakteristik penalaran manusia dan mendekati perilaku intelegensia.

     Daur proses (Processing cycle) adalah tenggang waktu antara satu kegiatan proses dengan kegiatan proses berikutnya dalam bacth processing. Jarak waktu daur proses tergantung faaktor-faktor:

a. Volume data yang ditangani

b. Ukuran tumpukan yang diinginkan

c. Kapasitas komputer yang digunakan

Jenis kegiatan atau tahapan bath processing adalah:

  1. Konversi data yaitu suatu run dalam sistem batch processing yang mencakup kegiatan mengubah data dari bentuk yang tidak terbaca komputer kedalam bentuk yang terbaca komputer.
  2. Editing data yaitu pengecekan mengenai kelengkapan, kecermatan dan validitas (keabsahan) data transaksi dalam setiap batch (kelompok) dengan mempergunakan program khusus untuk editing.
  3. Sortir data adalah penysunan rangkaian data menurut pedoman atau kunci sorting yang telah ditentukan.
  4. Pemutakhiran file yaitu proses memasukkan data pada file traksaksi kedalam master file, sehingga menjadi mutakhir.
  5. Ekstraksi file adalah proses mencari file, menarik data yang diinginkan, dan menuliskan data yang ditarik itu kedalam pita magnetik.
  6. Penyusunan laporan adalah proses menyiapkan berbagai data dalam berbagai file untuk disajikan secara sistematik.

     Keunggulan sistem bacth processing cocok digunakan jika transaksi yang diolah berjumlah besar, file-file tidak perlu segera dimutakhirkan (update), dan laporan-laporan disajikan secara periodik. Contoh kegiatan yang paling cocok untuk sistem batch processing adalah sistem gaji dan upah, karena laporan mengenai gaji dan upah tidak perlu disajikan setiap hari dan perhitungannya dilakukan secara berkala.

     Kelemahan data bacth processing adalah bahwa laporan yang disajikan bukan benar-benar laporan yang mutakhir, melainnkan hanya mencerminkan posisi pada tanggal laporan terakhir. Sebagai contoh adalah file persediaan, jika perusahaan sering melakukan transaksi persediaan, katakanlah satu hari mencapai puluhan kali, maka laporan mingguan tidak akan mencerminkan posisi persediaan yang mutakhir, kecuali pada saat laporan itu diterbitkan saja.

     Sistem immediateprocessing atau on line processing adalah sistem dimana setiap transaksi direkam dan diproses segera setelah terjadi. Artinya, setiap transaksi segera direkam dan dibukukan pada masing-masing file yang terpengaruh oleh transaksi itu. Kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam sistem ol line adalah:

  1. Data entry dan editing data
  2. File updating atau pemeliharaan file
  3. File inguiry atau permintaan informasi dari file
  4. Penyusunan laporan

Data entry adalah kegiatan memasukkan data yang akan diproses. Editing data adalah proses pemeriksaan terhadap keabsahan data untuk menemukan kemungkinan kesalahan. Variasi pengolahan data secara on line bisa dilakukan setempat dalam arti bahwa antara operator yang mengolah data dengan central processing uniti (CPU) berada dalam satu lokasi geografis sehingga tdak perlu ada sistem ada kommunikasi antara operator dan CPU. Namun demikian, sistem on line juga bisa dilakukan dengan berjarak (remote).

     Masa jawab atau respone line adalah jarak waktu antara saat permintaan informasi atau kejadian sampai saat diberikannya jawaban oleh sistem. Sistem manufaktur produk yang membutuhkan kletelitian tinggi juga perlu mengguinakan sistem real time, sehingga setiap penyimpangan yang terjadi dalam produksi dapat diketahui secara dini. Sistem real tim biasanya juga dilengkapi dengan sistem berjarak (remote) khususnya apabila terminal-terminal yang digunakan oleh para operator berserak pada lokasi yang berjarak jauh.

     Pemasukan data kedalam sistem on line biasannya dilakukan oleh petugas operator pada saat setiap terjadi transaksi atau secara kelompok (batch system) dan secara on line. Pemasukan data kedalam komputer dapat dibantu dengan menggunakan monitor terminal yang dapat menampilkan format yang telah dibakukan (peformatted screen) terlebih dahulu.

     Format yang telah dibakukan maksudnya adalah format yang berisi ruang-ruang khusus yang harus didisi dengan data input yang sesuai.  Selain format baku pemasukan data input dapat dilakukan dengan menggunakan model dialog atau pengajuan pertanyaan pada layanan monotor terminal. Bentuk variasi lain dari pemasukan data input adalah penggunaan menu variasi.

     Selain dengan jalan ketikkan memasukkan input dapat dilakukan dengan scanner, scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca data yang dinyatakan dalam bentuk kode atau karakter.

     Selain output dalam bentuk hard copy (tercetak dilkertas), sistem on line juga dapat menyajikan output dalam bentuk soft copy atau tampilan yang disajikan pada layar monitor chatode ray tube (CRT). Bilamana perlu, output pada layar monitor itu dapat disajikan dalam bentuk grafik ataupun bentuk visual lainnya.

     Selain itu, output juga dapat disajikan dalam bentuk jawaban suara “manusia”. Sistem on line  yang menangani transaksi dengan masyarakat pada umumnya menggunakan pilihan penyajian output jenis ini. Sebagai contoh adalah jawaban yang kita peroleh apabila kita yang ingin mengetahui jumlah tagihan rekening telepon pada perusahaan telekomunikasi.

Iklan

One thought on “Sistem Informasi Akuntansi (SIA) “SEKILAS TENTANG KOMPUTER”

Tinggalkan komentar anda . . . . . !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s