Redenominasi Bakal Untungkan Pengguna Tol

Adanya redenominasi nilai tukar rupiah akan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya adalah dapat mengatasi kerugian yang dialami oleh pengguna jalan tol.

“Tanpa redenominasi kita itu dirugikan, contoh jalan tol, dia menaikkan harga 10 persen ketika harga misalkan Rp7 ribu, dengan jalan tol pasti dibulatkan menjadi Rp8 ribu, karena rounding out-nya dibulatkan,” kata Direktur Eksekutif Pusat riset dan Edukasi Bank Indonesia (BI), Iskandar Simorangkir, saat seminar di Universitas Perbanas, Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Iskandar melanjutkan, pembulatan harga-harga yang memiliki satuan kecil dapat dihilangkan dengan menerapkan redenominasi. Karena, dengan redenominasi maka dapat akan disediakan uang sampai satuan yang kecil.

Meski demikian, dia mengakui redenominasi merupakan kebijakan jangka panjang. Karenanya, diperlukan beberapa penyesuaian, yang harus dilakukan antara pemerintah dan publik, seperti sosialisasi. “Namun, kita harus mendukung dan siap untuk penerapan redenominasi itu,” tambahnya.

Oleh karena itu, jika segala persyaratan redenominasi dipenuhi, dan mitigasi risiko diantisipasi secara baik, maka perekonomian Indonesia dapat memperoleh manfaat seperti negara lain yang telah berhasil menerapkan redenominasi. (mrt)

Sumber : Lihat disini

Iklan

2 thoughts on “Redenominasi Bakal Untungkan Pengguna Tol

Tinggalkan komentar anda . . . . . !!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s